Contents

Apa itu google dork?

Contents

Cybsecdiary

Oke lngsung aja ya, bwat yg masih bingung dengan istilah dork, disini akn gw jelasin smpe akar apa itu dork, so pahamin yaa :

1. Google Dork
Dimulai dari kata dork. apasih dork itu? arti dork disini adalah sebuah keyword yang berfungsi untuk mencari beberapa informasi di mesin pencarian. Untuk lebih spesifik gw akan menjelaskan beberapa  fungsi dasar dork tsb:

Intitle / allintitle
Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi yang disaring dari judul web, misalnya: untuk mencari blog (redacted)notes maka anda tinggal menuliskan dimesin pencarian sebagai beriku “intitle:(redacted)notes”. Maka akan bertebaran beberawa web yang menampilkan judul tersebut.

Inurl / allinurl
Fungsi ini untuk mencari string pada url. Misalnya kita akan mencari tempat upload suatu website maka tinggal kita ketikan di google sebagai berikut. “inurl:/upload/uploads.php” maka akan bermunculan website yang memiliki url “upload/uploads.php”.

Filetype
Fungsi ini digunakan jika kita ingin mencari / ingin mendownload sebuah file. Contohnya kita mencari file Power Point dari makalah Pengembangan Teknologi. Maka anda hanya tinggal mengetikan “Makalah Pengembangan Teknologi filetype:pptx”

Site
Fungsi ini berguna untuk menyaring domain, semisal kita hanya ingin mencari website yang berdomain Indonesia maka tinggal mengetikan “keyword + site:.co.id / site:.web.id”.

Intext
Fungsi ini untuk mencari website yang memiliki kandungan kata/kalimat yang akan kita cari. Semisal untuk mencari cara install windows 7 maka tinggal ketikan di google “intext:cara install windows 7” Beberapa fungsi diatas bisa untuk digunakan bersamaan supaya hasil pencarian lebih spesifik, contohnya dalam mencari “Sebuah password dan user name” maka ketikan di google sebagai berikut: “Inurl:password.log intitle:index of password.txt“
“Intitle:index of + intext:username”


Path dan Localhost

Path adalah folder dimana web tersebut di install sedangkan “localhost” adalah ungkapan untuk suatu website, semisal “localhost/path/wp-content/” maka bisa diartikan “namaweb/instalasi/folder/” contoh : http://(redacted)c0der.id/wordpress/wp-content.
Bagaimana ? sudah agak faham kan? Nah mungkin itu dulu yang bias kami sampaikan. Jika ada yang kurang jelas silahkan layangkan komentar kalian di artikel ini. Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat. Sekian !